Cara Membuat Orang Lain Suka Berteman dengan Kita

Cara Membuat Orang Lain Suka Berteman dengan Kita

Memiliki teman adalah hal yang menyenangkan. Namun ada kalanya kita masuk ke dalam lingkungan baru tanpa orang yang kita kenal.
Nah, jika Kamu salah satu orang yang kesulitan berteman dengan orang baru atau Kamu ingin disenangi oleh orang lain, Kamu tak perlu khawatir lagi. Dengan melakukan beberapa hal ini, Kamu bisa disukai oleh teman-teman baru maupun lama.
Agar mendapatkan teman yang sejalan dengan Kamu, Kamu harus mengetahui cara membuat orang senang berteman dengan Kamu yang efektif. Berikut adalah cara membuat orang senang berteman dengan kita yang dapat Kamu coba :
1. Tersenyum.
Tersenyum sudah pasti adalah gerakan non-verbal paling efektif dalam membuat orang lain senang berteman denganmu. Tidak hanya sekedar terlihat ramah, tersenyum mengindikasikan bahwa Kamu menyukai lawan bicara.
2. Sedikit Miringkan kepala.
Memiringkan kepala adalah gerakan non-verbal lain yang menunjukkan bahwa lawan bicara bukanlah ancaman. Gestur ini berasal dari alam bawah sadar kita. Dalam dunia hewan, terlebih mamalia, leher merupakan titik vital yang merupakan sasaran gigitan hewan buas untuk melumpuhkan mangsanya. Dengan mengekspos leher, Kamu memberikan sinyal kepada orang lain bahwa Kamu memercayai dia dan Kamu juga bukan ancaman baginya.
Tentunya Kamu cukup memiringkan kepala sedikit saja saat berbicara. Jika memiringkan kepala secara berlebihan Kamu justru malah dianggap aneh.
3. Memuji.
Selain gerakan non-verbal, Kamu juga harus fokus ke isi percakapan. Memuji lawan bicara adalah cara jitu dalam membuat orang senang berteman dengan kita. Namun, pastikan bahwa Kamu memuji secara tepat dan tulus.
Contohnya, Kamu bisa memuji pakaiannya, potongan rambutnya yang baru, hingga masakan hasil temanmu saat sedang acara makan bersama di rumahnya.
4. Berempati.
Berempati menunjukkan bahwa Kamu peduli dengan lawan bicara dan tidak hanya fokus ke diri sendiri. Kamu dapat menunjukkan rasa empati dengan merefleksikan kembali gerakan atau kalimat yang diucapkan.
Hindari menggunakan kata-kata ‘saya mengerti’ karena lawan bicara akan merasa bahwa Kamu belum tentu mengerti apa yang telah ia lalui. Sebaiknya simpulkan apa yang lawan bicara ingin katakan
Misalnya, jika lawan bicara menyatakan bahwa dirinya sedang marah sehabis dibohongi, Kamu bisa meresponi dengan memberitahukan bahwa lawan bicara wajar merasa kesal karena sudah dibohongi.
5. Meminta bantuan.
Anehnya, meminta bantuan dapat menjadi salah satu cara membuat orang senang berteman dengan kita.
Meskipun terlihat aneh, tetapi meminta bantuan dari orang lain justru membuat lawan bicara merasa memiliki kemampuan dan dihargai.
6. Menjadi terbuka.
Bila Kamu ingin orang lain senang berteman dengan Kamu, Kamu harus bersikap terbuka dan memperlihatkan bahwa Kamu bersedia untuk berbicara dengan orang lain. Jangan hanya menunggu diajak berbicara, cobalah untuk berkomunikasi dengan orang lain.
7. Jangkau di sosial media.
Di era yang modern ini, sosial media dapat menjadi salah satu sarana untuk mempererat hubungan dengan orang lain. Kamu bisa memaksimalkan sosial media, misalnya dengan berkomentar positif mengenai hal-hal yang di-post oleh teman Kamu.
8. Coba hal-hal baru.
Jangan lupa, bila Kamu ingin orang lain senang berteman dengan Kamu, Kamu harus menjangkau orang-orang yang berpotensi ingin berteman denganmu. Oleh karenanya, coba ikuti suatu komunitas tertentu, misalnya komunitas memancing, dan sebagainya.

Demikian semoga bermanfaat. Wassalamualaikum dan salam Bahagia!